Jenuh seringkali menjadi faktor yang berdampak buruk pada kinerja seseorang saat bekerja. Rasa jenuh juga sering menjadi alasan seseorang yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya.
Sebenarnya ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jenuh, tanpa harus mengorbankan pekerjaan Anda. Bila Anda mampu melakukannya, bisa jadi rasa jenuh dan bad mood akan berganti menjadi hal sesuatu yang menggairahkan. Mau tahu caranya?
1. Pikirkan hal-hal yang menyenagkan
Coba pikirkan dan tulis apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda saat ini. Meski agak sulit di saat jenuh menyerang, namun tulislah hal pertama yang terlintas dari pikiran Anda. Setelah itu, baca kembali. Bila ada yang tertinggal, segera tambahkan. Misalnya, teman setim yang sangat baik pada Anda, menyenangkan untuk diajak bekerjasama, dapat dipercaya, atau hal-hal lain yang menyenangkan yang sebelumnya selalu membuat pekerjaan Anda menjadi lancar dan menggairahkan
Jenuh seringkali menjadi faktor yang berdampak buruk pada kinerja seseorang saat bekerja. Rasa jenuh juga sering menjadi alasan seseorang yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya.
Coba pikirkan dan tulis apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda saat ini. Meski agak sulit di saat jenuh menyerang, namun tulislah hal pertama yang terlintas dari pikiran Anda. Setelah itu, baca kembali. Bila ada yang tertinggal, segera tambahkan. Misalnya, teman setim yang sangat baik pada Anda, menyenangkan untuk diajak bekerjasama, dapat dipercaya, atau hal-hal lain yang menyenangkan yang sebelumnya selalu membuat pekerjaan Anda menjadi lancar dan menggairahkan
Bila Anda punya sahabat di kantor yang dapat diandalkan, cobalah untuk melepaskan unek-unek padanya. Ajak teman Anda untuk bersenang-senang selepas jam kerja, misalnya dengan menonton film atau sekedar berwisata kuliner. Dengan sahabat, Anda akan merasa lebih nyaman dan mendapatkan dukungan
Perhatikan siapa orang di kantor yang paling enjoy dengan pekerjaannya. Cari tahu apa rahasianya, sehingga bisa betah dengan pekerjaannya. Siapa tahu Anda bisa menimba ilmu darinya, dan belajar menikmati pekerjaan meski dalam kondisi yang sulit dan penuh tekanan.
Buat daftar apa saja yang membuat Anda tertekan dan tidak nyaman saat berada di kantor. Dengan mengenali sumber "penyakit" yang membuat Anda tak betah, Anda akan dapat melakukan berbagai perubahan
Ambil cuti dan "jauhi" kantor. Dengan mengambil waktu istirahat yang cukup dan menjauh dari rutinitas kantor, Anda punya kesempatan untuk mencerahkan diri. Sehingga Anda kembali punya semangat baru dan siap untuk bekerja lebih semangat.
Berusahalah untuk memperbaiki situasi, baik dari dalam diri maupun yang berkaitan dengan lingkungan pekerjaan. Lakukan sesegera mungkin. Perbaikan hubungan Anda dengan pekerjaan akan mempengaruhi perilaku Anda di kantor.
perubahan
8. Tingkatkan pengethuan Ikuti berbagai kursus atau pelatihan, meski membutuhkan biaya namun ilmu baru akan dapat meningkatkan kemampuan dan memperbaiki kinerja Anda di kantor |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar